Jumat, 09 Maret 2012

lessons learned from him...


Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya, banyak hal-hal pembelajaran tentang hidup dan bekerja dari seorang Ir. M. Eko Rudianto, M.Bus.IT, selama jadi stafnya waktu itu... Mari disimak satu-persatu...

Kalo kerja pake hati!
Jadi, dia ga suka orang yang kerja asal-asalan, yang penting jadi. Engga banget buat dia! Dia mau setiap apa yang kita kerjakan itu bener-bener ditekuni, teliti, cepet tapi bener hasilnya. It's no matter you do what you love to..., but you have to love what you must to do at here!
Lihat estetikanya!
Apalagi nih... Emang kerjaan yang notabene ketik-ketik paper atau makalah kaya orang menggambar atau melukis..? Buat dia IYA! Karena setiap pekerjaan itu ada seninya... That's it! Jadi, ada cara-cara atau trik-trik tertentu yang membuat setiap perkerjaan itu hasilnya lebih cantik, indah dan enak dilihat... Contoh aja kalo kita ketik surat... Nih, bagusnya pake font ini, jarak barisnya segini, marginnya segini, pantes apa engga... Biar orang tertarik bacanya, ga cuma sekedar surat asal jadi. And you know what...!? Dia tipe orang yang berselera tinggi dalam hal ini!
Rapi, bersih!
Pastinya... Dalam hal apapun! Kondisi meja kantor, ruangan, kamar mandi, pekerjaan, macem-macem deh... kudu, harus, engga boleh engga! Yang ada nanti dia bakalan komentar terus... Yang jorok-lah, bau-lah, engga matching-lah, engga enak dilihat-lah, malu-maluin-lah, segudang deh cacian hinaan yang begitu... Sampe bener-bener rapi dan bersih seperti yang dia mau!
Berbagi!
Menurut si bapak, kita ga akan rugi dengan menyisihkan rejeki kita ke orang lain, apalagi ke orang yang kira-kira rejekinya 'dibawah' kita... Jadi perhatiin tuh office boy, satpam, cleaning service di kantor... Beliin makan atau rokok, sekali-sekali aja juga ga papa. Yang penting kita ikhlas. Atau kalo misalnya ada rejeki agak banyak, kasi uang rokok... Yang jadi stressing-nya itu berbagi bukan dengan yang selevel atau diatasnya! Tapi dibawah... Belajar memperhatikan orang lain yang nasibnya tidak seberuntung kita, pekerjaannya lebih berat (secara fisik), tapi upahnya lebih kecil... Dan juga, dia tidak suka dengan orang yang tidak bekerja, yang bisanya cuma minta-minta doang! Jadi, orang yang berusaha, namun nasibnya masi dibawah kita... Let's hunt for this! Ga usah kalee yaaa... Banyak kok disekeliling kita... Asal mau membuka mata hati...
High class ever!
Merk mainded, of course! Itu dia... Dia berani ngeluarin kocek banyak buat barang apa yang dia mau, yang berkelas tinggi, kualitas terbaik, dan orisinil pastinya! Ga bakal nyentuh yang 'kw-kw'an deh... Dia pasti mencibir untuk orang yang make kaya begitu. Mahal sedikit ga masalah, yang penting bukan tiruannya!
Jangan sombong!
Apalagi sama orang yang dibawah kita, jangan sekali-kali sombong ke mereka. Lantaran kita lebih tinggi, terus bisa semena-mena ke yang lain. No way! Hidup berputar seperti roda ya... Kalo suatu saat nanti ternyata yang terjadi sebaliknya kan malu sendiri... That's good damn right! Jadi kalo saya menyapa staf itu hal yang biasa... Tidak ada yang istimewa dari staf itu... Semua saya perlakukan sama seperti itu kok. Tapi alangkah benernya kalo staf yang nyapa bosnya duluan! Huaaahahaha... Kalo ga sempet saya jawab atau disapa balik, paling saya senyum doang! Paling bisa dia...
Sederhana namun terencana!
Makes thing easier, makes a simple way... but you must organized first... best planner! Segala sesuatunya harus dikerjakan sesuai rencana, rapi terkoordinir, sederhana dan praktis tidak berbelit-belit, namun tepat sasaran dan efektif-ekonomis! You should get the best quality for this, perfectly! Engga banyak orang yang bisa ngikutin ritme bos kaya gini... Harus cerdas secara intelektual, emosional, strategi jitu, dan terakhir... dia pasti menilai karakter orang, yang bener-bener berkualitas secara pribadi atau engga. Be smart guys!
Prioritas...
Semua pasti ada prioritasnya, mana yang harus didahulukan atau tidak. Harus pinter memilah-milahnya, menganalisa dan mengambil keputusan... Lebih penting yang mana, resikonya kalo yang itu duluan apa, kalo engga apa... Hmmm... You must got the practice first! Experience it's needed... Jangan takut salah ya, yang penting usaha, dicoba lagi...


Masi ada lagi engga ya... So far, banyak juga kaaann...? Ga salah kalo dia menjadi salah satu orang panutan aku... Memberi referensi mengenai bagaimana cara mewarnai hidup... I like it!


Tidak ada komentar: