Kamis, 16 Mei 2013

Om Jatu


my dear little brother

Si bontot dari kita bertiga.  Meskipun kedua kakaknya cewek, tapi dia dijamin cowok banget… yaah, cuma kadang-kadang suka manja-manja gitu deh!  Tapi, jangan diragukan lagi…  Selain baik hati dan tidak sombong, si Om rajin menabung dan tidak merokok!  Hahaha…

Flashback, inget sekitaran tahun 1987-1988… waktu our mommy masih hamil doi…  Saat itu gw masih kelas 2 SD.  Kalau malam sebelum tidur, ibu ngajak gw dan adik –Yani– untuk berdoa.  Setelah itu, ibu pasti ngelus-ngelus perut gendutnya sambil bilang, “Selamat tidur ya, Yohanes..!”  Kyaaaa…!?  Hampir setiap malem ibu begitu.  Gw yang waktu itu masih kecil spontan nanya ke ibu, “Emang adik laki-laki ya? Kok ibu manggil dia Yohanes? Kok ibu tau sih kalo adik itu laki-laki…?  Ibu cuma senyum.

Emang rencana Tuhan yang bekerja, ternyata si adik memang cowok –tulen–.  And you know…  Adik lahir tanggal 24 Juni, tepat pada hari kelahiran Yohanes Pembaptis (yang membaptis Yesus di Sungai Yordan) menurut kalender liturgi Katholik.  It’s so great!  Sampe sekarang gw ga tau, dan ga pernah nanyain ke ibu…  Dulu tuh ibu emang udah cek USG ke dokter kandungan kalau anak yang dikandungnya laki-laki atau cuma harapan ibu pengen punya anak laki atau bagaimana!?  Terus lagi mungkin ibu hitung HPL/perkiraan tanggal melahirkannya kapan…, tapi adik kan dilahirkan normal, emang ibu tau persis mau melahirkan dia ranggal 24 Juni!?  Amazing deh aahh…

Let’s talk about his nameYohanes Jatu Santoso

Seperti yang udah gw ceritain diatas… asal-usulnya nama Yohanes memang datang dari ibu sendiri, dari sejak masih hamil adik.  Yaaah, aku sih menganggapnya itu doa ibu yang dikabulkan Tuhan.  Anaknya udah 2 orang cewek semua, dan ibu kepengen punya anak cowok…  Karena kira-kira tanggal lahirnya deket dengan tanggal perayaan liturgi Yohanes Pembaptis, jadi ibu akan menamai adik Yohanes, kalau emang yang lahir cowok!

Jatu…  Buat gw, nama ini ‘Yogya’ banget…  Emang nama pemberian Eyang Kakung –bokapnya bokap– yang asli wong Ngayogyakarta!  Jatu kependekan dari “Dorodjatun“, nama kecil Sri Sultan Hamengkubuwono IX, yakni Bendoro Raden Mas Dorodjatun.  Sepertinya Eyangkung ingin menanamkan identitas itu, bahwasannya kita adalah keluarga Yogyakarta.  Tepatnya masih ada silsilah dari kesultanan HB III.  Gw inget dulu Eyangkung suka gambarin gw pohon keluarga, silsilah keluarga…  Di situ ada nama-nama Raden Mas Surojo (Sri Sultan HB III), Raden Mas Ontowiryo (Pangeran Diponegoro), Bandung Bondowoso, dll. termasuk RM Hardjowasito (eyang buyut gw), R Suparman (eyangkung gw) dan R Wasisto Rahardjo (bokap gw).  Arti dari nama Dorodjatun menurut nalar dan imajinasi Jawa adalah harapan agar si anak kelak memiliki derajat tinggi, cakap dalam mengemban pangkat dan berbudi luhur…  Semoga doi begitu juga yaa…

Dan, Santoso…  Seinget gw nama ini dari Mbah Kakung/Mbah Jenggot –bokapnya nyokap– yang artinya orang yang kuat, gagah.  Entah sumbernya darimana, mungkin bapak atau ibu sendiri yang cerita.

Yang jelas… si adik sekarang udah jadi kesayangan keponakan-keponakannya, Jeanne dan Vanya!  Om Jatu… Om Jatu..!!  Hwehehee…  Seringkali handphone si Om jadi rebutan kedua keponakannya ini, buat mainan!  Tapi mereka semua simbiosis mutualisme kok…  Buktinya kalau si Om udah mulai pegang kamera, keponakannya udah langsung siap bergaya jadi model foto Om-nya…  Hahaha…!

Sehat-sehat ya, Om…  Sukses terus!  Tuhan selalu memberkati.


Tidak ada komentar: